Kelas : 4IA15
Anggota Kelompok :
Arya Pramudya (51411221)
Putri Kurniawati (55411649)
Subki Kadrawi (56411910)
Ida Matu Qoiriyah (53411458)
Ayu Amizah (51411317)
Mata Kuliah : Pengantar Komputasi
Modern
Apa itu Komputasi Modern ?
Sebuah system yang digunakan
untuk menyelesaikan suatu masalah matematis menggunakan komputer dengan
menyusun algoritma yang dapat dipahami oleh komputer agar dapat menyelesaikan
suatu masalah.
Komputansi modern mempunyai
karakteristik yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
- Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
- Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
- Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Contoh Implementasi Komputasi
Modern di Bidang Pendidikan
- CAT(Computer Assisted Test) yaitu test yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer. Jadi ujian tidak memerlukan pensil 2B dan papan ujian seperti LJK, tetapi dibutuhkan peralatan komputer yang nantinya digunakan untuk test online.
Contoh Implementasi Sistem :
- Proses penerimaan mahasiswa baru
- Proses penerimaan pegawai baru
- Proses penerimaan anggota baru di sebuah organisasi.
Keuntungan CAT : Dalam proses
ujian tidak perlu nya kertas LJK dan Pensil 2B.
- CBT(Competency Based Training) yaitu suatu proses belajar mengajar yang tidak seperti cara belajar tradisional. Dimana menggunakan CBT ini siswa dapat belajar secara offline ataupun online dengan guru yang memberikan materi.
Contoh Implementasi Sistem :
- Universitas
- Sekolah
- Learning Center.
Keuntungan CBT : Dalam proses
belajar mengajar menggunakan metode CBT ini waktu dapat dipangkas lebih
ringkas. sehingga walaupun dilakukan jarak jauh tetapi hasil yang diharapkan
bisa maksimal.
Analisis Jurnal Internasional :
CBT adalah proses belajar
mengajar yang dibuat secara offline ataupun online dengan guru yang memberikan
materi. Dimana dalam 20 tahun implementasi sistem ini di sekolah vokasi di
australia menjadi isu besar. Setelah diimplementasikan
nya sistem ini proses
belajar mengajar di setiap sekolah menjadi lebih progressif, meningkatkan minat
belajar siswa dan meringkas waktu yang digunakan ketika belajar mengajar
dilakukan di sekolah. Namun ketika di kondisi lapangan aslinya sistem dan
metode ini terus diperbarui sehingga akan lebih friendly dengan penggunanya.
Daftar Pustaka
A review of twenty years of
competency based training in Australian Vocational Education and Training
System - Erica Smith.
No comments:
Post a Comment