Pages

Friday, April 18, 2014

Jurnal Game First Person Shooter




Sebuah tugas yang akan saya bahas di bawah ini membahas tentang sebuah teknologi game yang berinteraksi dengan user. Jurnal yang akan saya bahas di bawah ini yaitu tentang game “First Person Shooter”

Game merupakan salah satu hiburan karena mampu mengurangi tingkat kepenatan seseorang dari rutinitas pekerjaan setiap hari. Game juga mampu meningkatkan kecerdasan seseorang ketika game tersebut memerlukan tingkat ketangkasan dari seorang pemain.

First Person Shooter (FPS) adalah Tipe game yang mengunakan sudut pandang orang pertama untuk membidik atau membunuh musuh, sehingga kita hanya melihat tangannya saja dan tidak melihat tubuh karakter yang dimainkan.

Software ini dibuat oleh perusahaan The Game Creators Ltd. Perusahaan yang juga memproduksi 3D Gamemaker dan Dark Basic. Aplikasi ini khusus untuk membuat game 3D dengan genre FPS (First Person Shooter), dengan maksud fokus pada satu genre dan tidak untuk genre yang lain. Keuntungan lain dari FPS Creator adalah kemudahan yang diberikan kepada penggunanya untuk membuat game FPS dengan cepat dan mudah tanpa harus memahami lebih mendalam tentang programming dan skill
grafis.

Operations Zygma Force adalah sebuah contoh game FPS yang akan di buat dalam pembahasan game FPS ini.

Spesifikasi kebutuhan perangkat keras dalam membuat game Operations Zygma Force dengan aplikasi FPS creator X10 berikut ini :
a. Prosesor : Intel Pentium Core 2 Duo E4500 2.2 Ghz
b. Memori : 2 GB RAM DDR II
c. Hard drive : 80 GB
d. VGA : NVIDIA GeForce 9500GT DDR 3
e. Optical Drive DVD – Super Multi DL
f. Keyboard dan mouse

level pada game Operation Zygma Force :
1. Operations Zygma Force Level 1
Level ini merupakan level permulaan untuk mengenalkan situasi game dengan objektif yang tidak terlalu sulit.
2. Operations Zygma Force Level 2
Level ini lebih sulit dibandingkan dengan level sebelumnya. Terdapat penambahan jenis senjata yang dibarengi dengan penambahan jumlah entity musuh.
3. Operations Zygma Force Level 3
Level ini merupakan level terakhir dari game Operations Zygma Force yang tentunya akan lebih sulit dibanding level sebelumnya. Pada level ini pemain mendapatkan tambahan bantuan teman yaitu agen Ovieq.



Sebuah alur Sistem yang akan di jalankan pada pembuatan game FPS.




Tampilan pada Game Menu






 Tampilan pada level  1




Tampilan pada level  1





Tampilan pada level 2












Tampilan pada level 3





Tampilan pada load game.



Kesimpulan :
Kemudahan menggunakan FPS Creator X10 Game Engine dalam membangun game 3D :

1. Tutorial FPS Creators X10 yang mudah ditemukan di dalam buku, internet, dan forum yang membahas FPS Creator. FPS Creator mudah dikuasai oleh pemula sekalipun sehingga memberikan kemudahan guna mempelajari banyak aspek menarik dari pengembangan game 3D.
2. FPS Creator X10 memiliki GUI Interface yang mudah dipahami dan sangat user friendly, banyak memiliki media library entities engine machine yang siap pakai sehingga sangat memudahkan bagi pemula untuk mempelajarinya.
3. FPS Creator X10 memberikan kebebasan mendesain game dengan kemungkinan kustomisasi yang luas.
4. FPS Creator X10 bisa mengimport media kita sendiri seperti suara, tekstur, model 3D dan lain sebagainya.

Daftar Pustaka: 


Klik Disini Thanks to Tn. Rachmat Ardi

No comments:

Post a Comment