Iklan adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Iklan sebagai transaksi
atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi
masyarakat :
- Iklan
sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus
membayar media yang dipilih).
- Memberi
keuntungan kepada agen iklan.
- Membuka
lapangan kerja.
- Iklan
menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
- Industri
periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
- Seiring
dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi
bergengsi.
- Saat krisis
ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang
cepat keluar dari keterpurukan.
- Data AC
Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada
kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis!
- Tahun 1997
ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237
merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan
kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
- Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
Meningkatkan
pemasaran produk.
- Iklan mampu
memunculkan multiplier effect.
- Iklan tidak
hanya menjadi ladang pekerjaan baru yang memberikan keuntungan, tapi juga
mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara.
- Iklan ikut
memberi andil meningkatkan pembelian masyarakat.
- Menghidupkan
industri barang dan jasa karena ada peningkatan permintaan.
Penjualan Online
Dalam
bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat
kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.
Terjadinya industrialisasi
3.
Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan
meningkatkan kemampuan
produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi
industri maupun pada aspek jenis
produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4.
Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah
skill dan pengetahuan
yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan
ekonomi, akan berdampak pada penyerapan
tenaga kerja dan kualifikasi tenaga
kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja
yang
dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang
diperlukan adalah
pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu
mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai
dengan tuntutan kebutuhan
tenaga kerja yang berubah tersebut.
5.
Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran
menjadi komoditi
Dalam
bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari
memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan
tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar
yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan
ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya
sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet
seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dll.
Internet
bukan hanya tempat untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan
sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini
disebut E-Commerce (electronic commerce). Munculnya istilah ini seiring dengan
semakin berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat
diartikan sebagai pertukaran barang, jasa, dan atau informasi melalui medium
elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan
credit card (kartu kredit). Rentang bisnis melalui internet ini mulai dari
pemesanan bunga untuk orang tercinta, jual buku, langganan majalah, sampai
pembayaran ribuan rupiah untuk pembelian chip processor yang akan digunakan
untuk komputer.
Langkah
pertama yang harus dilakukan oleh para pengusaha adalah membuat
"homepage" yang akan berfungsi sebagai toko di internet. Melalui
homepage ini ia dapat menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan, pruduk,
dan pelayanan yang di tawarkan. Manfaat dari E-com itu sendiri adalah bisa
menurunkan pengeluaran tetap, karena perusahaan bisa menghemat jumlah pegawai,
dengan demikian juga pengeluaran untuk gaji dan infrastruktur fisik. Dan
sebaliknya, untuk konsumen E-com menawarkan kenyamanan lebih besar dan pilihan
lebih banyak untuk barang dan jasa yang akan dibeli dengaan harga lebih baik.
Sumber :
Pertama
Kedua
Ketiga
Empat
sangat membantu sob artikelnya ,, ane udah nyari kemana" , eh nemu juga nih artikel ..
ReplyDelete